Minggu, 12 Januari 2014

Bagaimana Pendapat Anda Dengan Terhadap Perilaku Konsumen Di Jabodetabek Khususnya Kota Depok

Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal – hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Menurut John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.

Menurut saya perilaku konsumen di jabodetabek sangatlah padat, bagaimana tidak banyak barang baru untuk kebutuhan konsumen yang mudah masuk ke daerah jabodetabek. Karna jabodetabek termasuk daerah yang sangat strategis untuk memulai perindustrian. Apalagi di Kota Depok, kota yang kini sudah seperti Ibu Kota. Sudah di padati oleh banyak gedung bertingkat seperti mall dan pertokoan. Perilaku konsumen di Depok sangatlah padat juga, karena jalur untuk menuju Depok tidaklah sulit, jadi sangat mudah bagi para investor dari Jakarta atau Bogor yang ingin berinvestasi di Kota Depok. Selain itu Depok juga sudah menjadi kota yang ramai, sehingga perilaku konsumen pun pastinya akan semakin meningkat.




Sumber :



Apa yang Mempengaruhi dan Alasan Anda Dalam Memutuskan Untuk Membeli Suatu Barang

Menurut saya ada beberapa hal yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang, yaitu seperti faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis. Berikut saya akan jelaskan terlebih dahulu dari faktor - faktor tersebut.

1. Faktor Budaya
Merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk

2. Faktor Sosial
Mempengaruhi seseorang dalam pembelian suatu produk. Biasanya faktor yang mempengaruhi secara sosial adalah suatu barang yang sedang trend modelnya di masyarakat

3. Faktor Pribadi
Faktor yang paling menentukan dalam pembelian suatu produk

4. Faktor Psikologis 
Terkait dengan persepsi, motivasi, ingatan dan pembelajaran serta sikapseorang manusia

Jadi seorang konsumen pasti akan memikirkan beberapa faktor tersebut sebelum membeli suatu barang dan konsumen juga pasti akan memikirkan mana barang yang terpenting dahulu untuk di beli.


Bagi saya, membeli suatu barang itu tidak sembarangan membeli. Pasti kita terlebih dahulu mencari tahu latar belakang produk yang akan kita beli. Mencari informasi tentang produk yang akan kita beli, apakan produk itu baik untuk dan berguna jika kita membelinya. Selain itu saya juga akan melihat kualitas dari barang yang akan saya beli itu. 

Memang terkadang kualitas bagus, harganya pun juga bagus atau mahal. Dan ada pula harga yang terjangkau dengan kualitas tidak begitu buruk. Dari situ saya yakin pembeli akan berpikir kembali akan membeli produk yang mahal tetapi berkualitas baik atau produk yang murah dengan kualitas yang tidak begitu buruk. Saya rasa pembeli harus mempunyai keputusan tersendiri atas barang yang akan dibelinya, kalau saya pasti akan membeli barang yang agak mahal tapi kualitas baik, karna menurut saya pasti barang tersebut akan jauh lebih awet jika digunakan dan akan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi saya.